SHIPMENT

Dokumen – Dokumen pengapalan Aspal Buton  :

  • KONTRAK KERJASAMA (KK)

 kontrak ini keluar setelah ada kesepakatan antara pembeli dan penjual dalam hal Harga jual beli Aspal Buton,jumlah tonase dan kadar bitumen aspal yang disepakati ,serta tahapan-tahapan pembayaran. Dalam tahap ini Pihak Pembeli wajib meminta dokumen legalitas perusahaan serta dokumen pendukung lainnya untuk menghindari penipuan. Dan pihak penjual harus menyakinkan pembeli dengan dokumen dokumen legalitas tersebut.

  • SHIPPING INSTRUCTION (SI)

setalah kontrak kerjasama disepakati maka pihak penyewa kapal baik penjual atau pembeli mengeluarkan dokumen SI untuk memulai proses pemuatan .

  • CARGO DECLARATION 

Pihak penjual harus menyiapkan dokumen ini untuk diberikan ke Pihak Kapal, dokumen ini berisi data Shipper, jumlah tonase dan jenis barang yang dimuat sesuai dengan standart keselamatan kapal. data ini menyatakan bahwa kargo aman dimuat dan telah diakukan Inspeksi atau pemeriksaan oleh Independen surveyor.

  • BILL OF LADING

Merupakan dokumen persetujuan pengangkutan barang antara Pengirim Shipper dan Perusahaan Kapal serta kesepakatan yang tertuang didalamnya.

  • PNBP ( PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK)

Penjual wajib menyelesaikan pembayaran Royalti Penjualan ini sebelum kapal berangkat ke pelabuhan tujuan. dokumen ini merupakan salah satu persyaratan untuk diterbitkannya dokumen SKAB ( Surat keterangan Asal Barang) yang sekarang disebut SKVPP ( Surat Keterangan Verifikasi Produksi Penjualan). Besaran royalti ini :

3,75 % x Harga diatas kapal (FOB) sesuai Kontrak Jual Beli Aspal buton x jumlah tonase yang dimuat diatas kapal

proses Akhir setelah Pemuatan Aspal Buton selesai pihak Agen Kapal melakukan Clearance Dokumen untuk memberangkatkan kapal kepelabuhan tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *